MAKALAH TEKS DEBAT


MAKALAH TEKS DEBAT

BAB I
PENDAHULUAN


A.      Latar Belakang
Setiap keterampilan itu berhubungan erat pula dengan proses-proses berpikir yang mendasari bahasa. Bahasa seseorang mencerminkan pikirannya. Semakin terampil seseorang berbahasa, semakin cerah dan jelas pula jalan pikirannya. Keterampilan hanya dapat diperoleh dan dikuasai dengan praktek dan banyak latihan. Melatih keterampilan berbahasa berarti berlatih pula keterampilan berpikir. (Tarigan, 1980:1; Dawson {et al}, 1963: 27).
Pembelajaran peningkatan keterampilan berbahasa dikembalikan pada peningkatan keterampilan berbahasa. Dalam memperoleh keterampilan berbahasa, biasanya kita melalui suatu hubungan urutan yang teratur: mula-mula pada masa kecil kita belajar menyimak bahasa, kemudian berbicara, sesudah itu kita belajar membaca dan menulis. Menyimak dan berbicara kita pelajari pada saat sebelum memasuki sekolah.
Linguis berkata bahwa “speaking is language”. Berbicara adalah suatu keterampilan berbahasa yang berkembang pada kehidupan seseorang, yang hanya didahului dengan keterampilan menyimak. Berbicara sudah barang tentu berhubungan erat dengan kosa kata yang diperoleh oleh seseorang; melalui kegiatan menyimak dan membaca. Kebelum-matangan dalam perkembangan bahasa juga merupakan suatu keterlambatan dalam kegiatan-kegiatan berbahasa. Perlu kita sadari pula bahwa keterampilan yang diperlukan bagi kegiatan berbicara aktif yang efektif banyak persamaan dengan dibutuhkan bagi komunikasi efektif.
Debat adalah sebuah tahapan yang harus dilalui oleh penyedia jasa konstruksi untuk dapat mengerjakan sebuah proyek. Di dalam proses debat ini penyedia jasa konstruksi atau calon kontraktor mengajukan penawaran agar dapat pemahaman tentang debat dan penggunaan keterampilan bahasa memperoleh proyek tersebut. Namun dalam proses debat sering terjadi kesalahan – kesalahan yang dilakukan peserta debat. Hal ini diakibatkan karena kurangnya yang kurang baik, sehingga kurang di perhatikan oleh para owner.

B.       Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam karya tulis ini adalah :
1. Apa yang dimaksud dengan debat?
2. Apa saja unsur-unsur debat ?

C.      Tujuan
Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X GP SMK Negeri 1 Bayung Lencir.



Labels: KAMPUS, KUMPULAN ARTIKEL, KUMPULAN MAKALAH, MAKALAH TEKS DEBAT, SEKOLAH TINGGI, SMA/SMK/MA, SMP/MTs, TUGAS, UNIVERSITAS

By. John Ady Susilo. Bayung Lencir

Thanks for reading MAKALAH TEKS DEBAT. Please share...!

0 Comment for "MAKALAH TEKS DEBAT"

PropellerAds
Back To Top